Siapa Sangka, Ternyata Inilah Makna Dan Arti Letting Bagi Prajurit TNI


Koranmiliter - Tentara Nasional Indonesia atau yang lebih dikenal dengan TNI merupakan sebuah angkatan perang yang dimiliki Indonesia.

Pada sejarah perjalanannya, angkatan perang ini sudah mengalami proses penggantian nama hingga akhirnya berubah nama menjadi TNI.

Pada awal dibentuk, angkatan perang ini memiliki nama Tentara Keamanan Rakyat (TKR) kemudian berganti nama menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI) hingga akhirnya diubah lagi namanya menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI) sampai saat ini.

Tentara Nasional Indonesia atau TNI terdiri dari tiga angkatan bersenjata atau matra, yakni TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara.

Institusi TNI dipimpin oleh seorang Panglima TNI, sedangkan masing-masing angkatan atau matra dipimpin oleh seorang Kepala Staf Angkatan.

Di dalam institusi TNI, TNI menjunjung tinggi sistem senioritas. Baik itu dilihat dari pangkat, atau angkatan maupun yang dikenal dengan istilah Letting.


Hampir setiap orang dari kalangan masyarakat sudah terbiasa mendengar kata atau istilah letting. Lalu, tahukah kamu apa itu Letting dan asal muasal kata Letting?

Penjelasan Tentang Arti dan Asal Kata Letting

Letting atau leting adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menunjukkan suatu kelompok militer yang telah menjalani latihan atau pendidikan bersama-sama.

Kata leting berasal dari bahasa Belanda yakni Lichting yang berarti Angkatan.

Dalam dunia militer Indonesia atau TNI, kata letting biasanya digunakan untuk menunjukkan tahun angkatan suatu kelompok yang telah menjalani suatu pendidikan.

Seperti misalnya Letting 3116/1 untuk TNI Angkatan Darat, Letting 36/1 untuk TNI Angkatan Laut, dan Letting 70 untuk TNI Angkatan Udara yang secara bersamaan menyelesaikan pendidikan di tahun 2016.

Istilah Letting dalam institusi TNI juga bertujuan untuk meningkatkan tali persaudaraan dan solidaritas antar sesama prajurit yang telah menyelesaikan pendidikan secara bersamaan.


Uniknya, masing masing angkatan juga memiliki nama letting. seperti letting 3116/1 memiliki nama letting yakni Ganas dan letting 39/1 memiliki nama Megalodone

Tentu saja pemilihan nama tersebut memiliki arti dan makna tersendiri untuk para prajurit tersebut.

Kesimpulannya, di dalam TNI kata letting atau juga dapat diartikan menjadi sebuah persaudaraan. Satu letting juga dapat diartikan sebagai teman yang sama sama mengalami suka dan duka saat pendidikan secara bersamaan. (Sbp) 

2 Comments

Berkomentarlah dengan bijak dan benar sesuai dengan topik artikel yang dibahas!

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Informatif..skali, klu leting bintara pk 15 pendidikan nya tahun brp 👍🏻

    ReplyDelete
Previous Post Next Post
close