Ingin Jadi Anggota Polisi Militer? Ini Tes dan Syarat Tinggi Badan Yang Dibutuhkan


Tentara Nasional Indonesia atau TNI merupakan angkatan bersenjata yang dimiliki oleh Indonesia. TNI memiliki tugas dan kewenangan dalam memelihara, menjaga, dan mempertahankan kedaulatan NKRI.

Dalam memaksimalkan tugas dan fungsinya sebagai penjaga pertahanan NKRI, TNI terbagi menjadi tiga matra dan beberapa bagian kecabangan.

Salah satu kecabangan yang dimiliki oleh TNI adalah Korps Polisi Militer atau CPM.

Polisi Militer atau yang sering disingkat PM 
atau ‘POM’ adalah kecabangan TNI yang bertugas untum menyelenggarakan pemeliharaan, penegakan disiplin, hukum, dan tata tertib di lingkungan militer.

Anggota Korps Polisi Militer atau PM sangat mudah untuk dikenali. memakai baret biru dengan miring ke kiri serta memakai bed yang bertuliskan PM.

Tak hanya itu, salah satu ciri khas yang dimiliki anggota Korps Polisi Militer adalah memiliki postur tinggi badan yang lebih tinggi dari prajurit TNI reguler pada umumnya.

Jika saat ini syarat tinggi badan untuk menjadi seorang anggota TNI adalah minimal 163 cm, maka anggota Polisi Militer akan memiliki tinggi badan lebih dari syarat minimal tersebut.

Ternyata hal ini bertujuan untuk memaksimal tugas dan fungsi sebagai penegak hukum di lingkungan Militer.

Lalu, tahukah kamu bagaimana cara menjadi Anggota Polisi Militer atau PM dan berapakah tinggi badan untuk dapat menjadi anggota Polisi Militer atau PM? Simak penjelasan berikut ini.

Cara Menjadi Anggota Polisi Militer atau PM dan Berapa Tinggi Badan Anggota Polisi Militer atau PM

Untuk dapat bergabung menjadi anggota Polisi Militer, kamu harus lebih dulu mendaftarkan diri sebagai prajurit TNI.

Setelah kamu dinyatakan lolos tahap seleksi, maka kamu berhak mengikuti pendidikan pertama dasar kemiliteran.

Kemudian, saat kamu melaksanakan pendidikan. Pihak lembaga pendidikan akan memberikan kamu angket untuk memilih kecabangan yang kamu inginkan seperti Infanteri, Kavaleri, Arhanud, Polisi Militer dan lainnya.

Setelah mengisi angket tersebut, maka pihak Polisi Militer dari pusat akan datang untuk melakukan seleksi kepada siswa TNI calon anggota Polisi Militer.

Saat melakukan seleksi, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk dapat bergabung menjadi anggota Polisi Militer.

Syarat Menjadi Anggota Polisi Militer

Adapun syarat dan tahapan tes menjadi Anggota Polisi Militer adalah sebagai berikut.

1. Tes Tinggi Badan
Tinggi badan untuk dapat masuk menjadi anggota Polisi Militer atau PM adalah 174 cm dengan postur ideal. ketentuan tinggi badan dapat berubah menyesuaikan dengan kebutuhan Polisi Militer dari Pusat.

2. Tes Jasmani
Nilai tes jasmani untuk menjadi anggota Polisi Militer adalah 73. ketentuan nilai jasmani dapat berubah menyesuaikan dengan kebutuhan Polisi Militer dari Pusat.

3. Tes Psikotes

4. Tes materi seragam TNI
tes ini bertujuan untuk mengukur pengetahuan calon anggota Polisi Militer tentang penggunaan seragam TNI.

5. Tes Permiltas atau Peraturan Militer Dasar

6. Tes Mengenai Materi Hukum TNI (KUHPM)

7. Tes Kesehatan Jiwa (Keswa)

Setelah melakukan seleksi kecabangan Polisi Militer, siswa TNI yang dinyatakan lolos akan mengikuti pendidikan kecabangan di Pusat Pendidikan Polisi Militer atau Pusdikpom.

Para siswa TNI yang lolos seleksi kecabangan Polisi Militer akan diumumkan pada saat penutupan pendidikan dasar kemiliteran baik itu Tamtama maupun Bintara.

Nah, itu tadi pembahasan mengenai cara menjadi anggota polisi militer dan syarat tinggi badan untuk menjadi polisi militer.

Post a Comment

0 Comments

close