Peringatan HUT TNI Ke-74, Ribuan Prajurit TNI Unjuk kemampuan Bela Diri


Koranmiliter - Tentara Nasional Indonesia hari ini memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) nya yang ke - 74 pada tanggal 5 oktober 2019. Peringatan HUT ke-74 TNI disejumlah tempat di tanah air berlangsung meriah.

Peringatan HUT TNI dipusatkan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Upacara peringatan HUT TNI ke-74 dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. perayaan HUT ke-74 TNI yang mengusung tema 'TNI Profesional Kebanggaan Rakyat'.

Di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan para pejabat tinggi negara, Ribuan prajurit tangguh TNI unjuk kemampuan.

Demonstrasi keterampilan dimulai dengan atraksi prajurit terdiri dari tim kolone senapan. Dengan berbagai gerakan baris berbaris, mereka memainkan senjata dengan lincah dan harmonis.

Lebih dari seribu personel prajurit dan srikandi TNI dari TNI AD, AL dan AU kemudian berlari ke arah lapangan sebagai pertanda pertunjukan dimulai. 

Mereka memberi salam hormat kepada seluruh tamu undangan, kemudian langsung menunjukkan rangkaian gerak serempak memperagakan gerakan pernapasan bela diri militer.

Beberapa prajurit TNI menampilkan demonstrasi perkelahian. Dimulai dari prajurit TNI AD menampilkan bela diri militer cakra. Sementara TNI AL menampilkan gerakan beladiri karate dan panglipur.

Untuk prajurit TNI AU tak kalah seru, mereka menampilkan beladiri taekwondo. Demonstrasi perkelahian ditampilkan dengan lincah tanpa ada kesalahan.

Prajurit TNI kemudian memperlihatkan rangkaian gerak beladiri merpati putih TNI. Teknik gerakan yang menggabungkan ketahanan dan pengolahan napas. Kemampuan menggunakan senjata juga diperlihatkan. TNI AD menggunakan double stick, TNI AL golok, dan AU menggunakan toya.

Prajurit TNI juga menunjukkan kemampuan dalam mematahkan rangkaian beton cor menggunakan kepala dan siku tangan. 

Tak mau kalah dengan prajurit TNI, aksi srikandi TNI dalam mematahkan besi dragon rangkap 20 menggunakan otot paha juga memukau para tamu undangan.

Tepuk tangan membahana di lokasi acara tiap kali para prajurit TNI ini selesai menampilkan kemampuannya. 

Aksi terjun payung juga ditampilkan dalam demonstrasi ini, namun tidak hanya dari TNI, Polri juga ambil bagian. Ada 74 penerjun masing-masing 21 orang prajurit AD, 21 orang prajurit AL, 21 orang prajurit AU, 7 orang personel Brimob, serta 4 orang penerjun sipil. Beberapa yang disebut ikut terjun merupakan prajurit dari satuan elite seperti Denjaka, Kopassus, dan Paskhas.

Para penerjun ini melayang-layang di udara mewarnai langit Halim Perdanakusuma. Mereka kemudian mendarat tepat di atas sasaran yang ditentukan, yakni mobil kontainer dan Sea Rider. 

Atraksi udara juga tak kalah memukau tamu undangan, salah satunya dari Jupiter Aerobatik Team juga memukau seluruh tamu undangan di Lanud Halim Perdanakusuma. Mereka menampilkan sejumlah manufer, salah satunya membentuk tanda hati di langit. 

Pasukan parade pada peringatan tahun 2019 ini melibatkan 6.806 personel terdiri dari lambang-lambang kesatuan juga menunjukkan aksina. Berbagai alutsista TNI sebagai penunjang dalam mengamankan kedaulatan negara juga ditampilkan di acara ini. (Sbp)

Post a Comment

0 Comments