Inilah Kopda Hardius Rusman, Prajurit TNI Yang Mampu Kuasai Tujuh Bahasa Asing


Koranmiliter - Seorang prajurit TNI kembali menjadi perbincangan hangat. Pasalnya, prajurit TNI itu mampu berbicara dalam tujuh bahasa asing.

Prajurit TNI itu menunjukkan kebolehan nya yang fasih berbahasa asing saat tampil di acara Hitam Putih Trans7 kamis (3/10). Prajurit TNI itu bernama Hardius Rusman.

Hardius Rusman merupakan Anggota Kodim 0111/Bireuen, berpangkat Kopral dua (Kopda). Kopda Hardius Rusman (34), mampu berbicara dalam tujuh bahasa asing.

Berkat Kemampuan nya yang menguasai tujuh bahasa asing, membuat Kopda Hardius Rusman pernah ditunjuk sebagai pemandu 28 Atase Militer dari 22 negara saat berkunjung ke Aceh.

Kopda Hardius Rusman belajar bahasa asing secara otodidak (belajar sendiri tanpa guru) melalui media sosial (medsos).

Sehingga, dalam waktu relatif singkat, Kopda Hardius Rusman sudah menguasai tujuh bahasa asing

Ketujuh bahasa asing yang Kopda Hardius Rusman kuasai adalah bahasa Inggris, Jerman, Prancis, Spanyol, Portugis, Italia dan Belanda.

Akibat kepiawannya itu, Kopda Hardius Rusman pun diundang di acara talkshow Hitam Putih di Trans7, Jakarta, Kamis (3/10/2019) tadi malam.

Saat hadir di acara Talkshow Hitam Putih Trans7, Kopda Hardius Rusman pun menunjukkan kebolehannya dalam menguasai tujuh bahasa asing.

Dengan mengenakan seragam TNI AD, Kopda Hardius Rusman pun diajak berbicara dalam tujuh bahasa dengan penonton di acara Hitam Putih itu. 

Meskipun Kopda Hardius Rusman belum pernah bertugas ke luar negeri, maupun jalan-jalan ke luar negeri. Namun, Kopda Hardius Rusman mampu berkomunikasi dengan penonton di acara Hitam Putih Trans7 dengan Lancar.

Kopda Hardius Rusman pun membeberkan rahasia bagaimana cara ia mampu menguasai tujuh bahasa asing itu Saat ditanya beberapa penonton.

Hebatnya lagi, Kopda Hardius Rusman mampu menguasai tujuh bahasa asing hanya mempelajari lewat sosial media.

Sejak SMA, Kopda Hardius sudah mempelajari bahasa asing secara otodidak.

Anggota Kodim Bireuen itu belajar tujuh bahasa asing itu melalui media sosial (medsos), seperti Google Translate, Facebook, WhatsApp, Messenger dan jejaring sosial lainnya secara otodidak.

Hadirnya Kopda Hardius Rusman di acara Hitam Putih Trans7 juga dalam rangka HUT ke-74 TNI yang diperingati setiap 5 Oktober. (Sbp)

Post a Comment

0 Comments