Tes Bernegara Baik, KSAD Pertahankan Enzo Di Akademi Militer

Koranmiliter - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa memutuskan bahwa TNI tetap mempertahankan Enzo Zenz Allie sebagai prajurit taruna akademi militer (akmil).


Hal ini dikarenakan Enzo yang sempat dipersoalkan karena dicurigai terlibat HTI, telah lulus menjalani tes khusus indeks moderasi bernegara pekan lalu. dalam tes obyektif lanjutan yang dilakukan untuk mengukur kadar kesadaran bernegara Enzo.

"Kami memutuskan mempertahankan Enzo dan semua taruna lainnya," ungkap Andika dalam konferensi pers di Mabes TNI AD, Jakarta Pusat,(13/08/2019).

Andika juga menyampaikan, berdasarkan hasil Tes indeks moderasi bernegara yang dilakukan pada 10-11 Agustus 2019, indeks moderasi bernegara Enzo adalah 5,9 dari maksimum 7. Apabila jika dikonversi menjadi persentase, itu memiliki nilai 84 persen.

Bukan hanya Enzo saja, tes indeks moderasi bernegara itu diikuti seluruh taruna Akmil. 

Andika juga mengemukakan, Tes indeks moderasi bernegara yang dilakukan pada 10-11 Agustus 2019, ini sudah digunakan dan dikembangkan cukup lama. Akurasi dan validasinya bisa dipertanggungjawabkan.

TNI telah bertahun-tahun juga menggunakan instrumen tes untuk memastikan kesadaran bernegara para taruna. Meskipun Andika mengklaim alat ukur yang mereka miliki itu sudah valid. Andika tetap membuka diri terhadap masukan selanjutnya. (Psr)

Post a Comment

0 Comments