Arti Kotak Warna Warni Pada Seragam Dinas TNI

Koranmiliter - TNI merupakan angkatan bersenjata yang dimiliki Indonesia yang bertugas untuk menjaga pertahanan dan kedaulatan NKRI.

Prajurit TNI sangat mudah untuk dikenali. memakai seragam loreng berwarna hijau menjadi ciri khas prajurit TNI. 

Selain itu, ada banyak atribut yang menempel pada seragam dinas TNI. Atribut tersebut menunjukkan berbagai hal. seperti pangkat, asal kesatuan, dan kemahiran yang dimiliki prajurit TNI.

pada seorang prajurit TNI, jenjang kepangkatan ditunjukkan oleh tanda pangkat yang terletak pada bahu atau lengan maupun kerah baju di seragam TNI.

Kemudian, asal kesatuan ditunjukkan oleh lambang yang terletak di lengan pada seragam TNI, atau bisa juga diketahui dari warna baret, gambar emblem, maupun corak seragam loreng yang digunakan.

Sedangkan kemahiran ataupun kualifikasi pada prajurit TNI ditunjukkan oleh tanda kemahiran atau brevet yang menempel pada seragam TNI.

Lalu, pernahkah kamu melihat sekumpulan kotak warna warni yang menempel pada seragam TNI.

Tahukah kamu apa kotak warna warni itu dan arti dari kotak kecil tersebut?

Arti kotak warna warni pada seragam dinas TNI

Kotak warna warni yang menempel pada seragam dinas TNI adalah pita harian yang mewakili tanda kehormatan seperti bintang atau satya lencana yang dimiliki prajurit TNI.

Pita harian ini merupakan miniatur dari tanda kehormatan tersebut. Seorang prajurit TNI senior bisa memiliki belasan bahkan lebih dari 20 tanda kehormatan.

Tanda kehormatan itu tidak mungkin dipakai semua dalam keadaan dinas sehari-hari. 

Oleh karena itu, dalam penggunaan sehari-hari Tanda kehormatan tersebut diwakili oleh kotak dengan corak warna yang sesuai dengan pita pada bintang atau satya lencana.

Perhatikan gambar dibawah ini.

Ini merupakan pita harian yang dimiliki oleh Panglima TNI Hadi Tjahjanto. dalam gambar ini ada 22 pita harian di seragam Panglima TNI. 

Seperti contoh pita harian dari Bintang Swa Bhuana Paksa Utama yang dimiliki Panglima TNI.

Bintang Swa Bhuwana Paksa Pratama merupakan tanda kehormatan yang kepada prajurit TNI atas jasanya yang luar biasa terhadap kemajuan dan pembangunan TNI Angkatan Udara.

Tak cuma itu, bintang atau satya lencana lainnya yang dimiliki oleh Panglima TNI juga memiliki makna dan arti tersendiri.

Nah itu tadi penjelasan mengenai Arti Kotak Warna Warni Di Seragam TNI. (Sbp)

Post a Comment

1 Comments

Berkomentarlah dengan bijak dan benar sesuai dengan topik artikel yang dibahas!

close