Tahapan Tes Seleksi Masuk TNI AL

KORANMILITER - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) adalah salah satu medan juang alam dalam mengabdi kepada negara dan bangsa Indonesia. TNI Angkatan Laut bertugas menegakkan hukum dan menjaga keamanan diwilayah yuridiksi nasional untuk kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.


Untuk menjadi seorang prajurit TNI AL, Kamu akan menghadapi beberapa tahapan tes seleksi masuk TNI AL yang sangat ketat sebelum kamu dinyatakan lulus dan berhak mengikuti pendidikan sampai dilantik menjadi seorang prajurit TNI Angkatan Laut.

Berikut ini tahapan tes seleksi masuk TNI AL yang akan kamu hadapi jika ingin menjadi seorang prajurit TNI Angkatan Laut.

1. Test Kesehatan
Tes kesehatan merupakan tahapan tes masuk TNI AL yang pertama yang akan kamu hadapi. Pada umumnya, test kesehatan banyak menggugurkan calon peserta. Test kesehatan biasanya meliputi 
a. Tinggi badan dan berat badan 
b. Tensi darah, Tremor, dan buta warna
c. Bentuk kaki (X dan O), Varises dan telapak kaki (bebek)
d. Mata, telinga, tenggorokan (amandel), Gigi, Wasir (ambien) ,Hernia , Varikokel.
e. Jantung dan paru-paru
Catatan : Ketika kamu memiliki satu saja masalah, maka kamu akan langsung dinyatakan kalah.

2. Psikotest
Psikotes merupakan tahapan tes masuk TNI AL selanjutnya yang akan kamu hadapi. Psikotes bertujua untuk mengetahui tentang karakter, cara berfikir dan kemampuan si calon dalam mengatasi tekanan dan kesulitan. Pada umumnya, Psikotest meliputi test gambar (IQ Test), test koran, test warteg, test menggambar orang, pohon, rumah, dan menggambar orang pohon serta rumah sekaligus. setelah itu, kamu akan mengikuti wawancara psikotest.

3. Jasmani dan Postur
Tahapan tes seleksi masuk TNI AL yang selanjutnya adalah tes Jasmani. Tes Jasmani dapat dikategorikan sebagai test yang paling banyak disoroti. bagaimana tidak, test jasmani sangat menentukan layak atau tidak nya calon peserta untuk mengikuti pendidikan. Pada umumnya test jasmani meliputi, Lari (2400 Meter - 3200 Meter) Pull up (10 - 18 kali) Push Up (41 kali) Sit up (43 Kali) Renang (gaya dada 25 - 50 Meter) secepat mungkin.

Kemudian postur meliputi tinggi dan berat badan, bentuk tubuh, bentuk tulang, sikap dan cara berjalan, menghormat, berbicara dengan suara lantang dan menggunakan huruf "R" serta cara peraturan baris berbaris yang kamu miliki.

4. Kesehatan Bagian Dalam
Kesehatan bagian dalam atau yang sering disebut kesehatan kedua merupakan test untuk mengetahui tentang kesehatan bagian dalam tubuh yang kamu miliki. Biasanya kesehatan bagian dalam meliputi Darah, urine, rambut, rontgen paru paru dan detak jantung.

Baca Juga : Beginilah 7 Tips Dan Trik Lolos Psikotest TNI

5. Mental Ideologi
Mental Ideologi merupakan salah satu tahapan tes masuk TNI AL yang bertujuan untuk mengetahui wawasan kebangsaan yang kamu miliki serta rasa kepedulian kamu terhadap lingkungan sekitar kamu. 

Test Mental Idelogi terbagi dua, yakni test MI tertulis dan wawancara. Pada umumnya pertanyaan yang sering ditanyakan oleh tester ialah mengenai sejarah PKI dan keluarga kamu sendiri.

Contohnya: "Apa itu PKI, Apa itu Komunis, dari mana kamu tahu tentang PKI, menurut kamu PKI itu berbahaya atau tidak" dan lainnya kurang lebih seperti itu.

Apabila lima tahapan tes seleksi itu dapat kamu lewati tanpa hambatan, maka kamu akan masuk ke Pantauan Tahap Akhir (Pantukhir) Daerah. jika kamu dinyatakan lulus Pantuhir Daerah, maka kamu akan mengikuti test pantukhir pusat yang akan dilaksanakan di Lapetal Malang.

Selama proses seleksi menjadi prajurit TNI Angkatan Laut berlangsung, Anda tidak akan dipungut biaya apapun. Dimulai dari pendaftaran, pelaksanaan seleksi sampai dengan pendidikan.

Siapkan diri anda sebaik-baiknya, percayalah pada kemampuan sendiri dan yakinlah bahwa yang akan menjadi lulus adalah anda sendiri bukan orang lain.

Itulah rangkaian tahapan tes seleksi masuk TNI AL. Bagaimana sobat, tertarik untuk bergabung bersama TNI Angakatan Laut? (Sbp)

Post a Comment

0 Comments