Pendaftaran Taruna TNI AL 2020 Telah Dibuka, Buruan Cek Jadwal Dan Persyaratannya

KORANMILITER - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) adalah salah satu medan juang alam dalam mengabdi kepada negara dan bangsa Indonesia.


TNI Angkatan Laut bertugas menegakkan hukum dan menjaga keamanan diwilayah yuridiksi nasional untuk kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Menjadi prajurit TNI Angkatan Laut merupakan sebuah kebanggaan tersendiri karena turut andil dalam menjaga negara ini serta kerap jadi impian kebanyakan pemuda dan pemudi di Tanah Air.

Nah, bagi kalian yang memiliki adik, anak, keponakan, tetangga, saudara, atau bahkan kalian sendiri ingin mengabdi kepada bangsa dan negara, ada kabar baik untuk kalian.

Setelah selesai melaksanakan proses rekrutmen catam angkatan 40/1. Kali ini, TNI Angkatan Laut membuka rekrutmen untuk Taruna dan Taruni AAL tahun angkatan 2020.

Pendaftaran Taruna dan Taruni TNI AL dibuka mulai tanggal 01 april sampai 05 mei 2020 bersamaan dengan Caba Gelombang I 2020.

Sebelum mendaftar ada baiknya kamu mengetahui serta mempersiapkan persyaratan nya jauh sebelum tanggal pendaftaran dibuka.


PERSYARATAN
Dilansir dari situs rekrutmen TNI, Berikut ini persyaratan calon Taruna Dan Taruni tahun 2020 (01 APRIL – 05 MEI )

1. Warga Negara Indonesia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;

2. Berkelakuan baik & tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis melalui SKCK oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polres setempat);

3. Pria dan wanita berijasah minimal SMA/MA jurusan IPA dengan ketentuan nilai UN/UAN sebagai berikut:

  • Lulusan SMA/MA tahun 2014 dengan nilai akhir rata-rata IPA minimal 6,25;
  • Lulusan SMA/MA tahun 2015 dengan nilai akhir rata-rata IPA minimal 55,00;
  • Lulusan SMA/MA tahun 2016 dengan nilai UN rata-rata IPA minimal 50,00;
  • Lulusan SMA/MA tahun 2017 dengan nilai UN rata-rata IPA minimal 47,00;
  • Lulusan SMA/MA tahun 2018 dengan nilai UN rata-rata IPA minimal 46,00;
  • Lulusan SMA/MA tahun 2019 akan ditentukan kemudian; dan
  • Atau kelas 12 dengan nilai rata-rata raport semester satu sampai lima tidak kurang dari 6,50 dan sudah terdaftar sebagai peserta UN.

4. Tinggi badan minimal 163 cm (Pria) & 157 cm (Wanita) dengan berat badan seimbang;

5. Berusia setinggi-tingginya 22 tahun dan sekurang-kurangnya 17 tahun 9 bulan pada saat pembukaan Pendidikan Pertama (Dikma);

6. Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama mengikuti Pendidikan Pertama sampai dengan dua tahun  setelah selesai Pendidikan Pertama;

7. Sehat jasmani dan rohani, tidak bertato/bekas tato dan tidak bertindik telinga atau anggota badan lainnya kecuali yang disebabkan oleh ketentuan adat, tidak buta warna dan tidak berkacamata atau memakai softlens;

8. Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama sepuluh tahun terhitung mulai saat dilantik menjadi Letnan Dua/Letda;

9. Bukan Prajurit TNI, anggota Polri maupun Pegawai Negeri Sipil (PNS);

10. Bebas dari narkoba yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter;

11. Bersedia ditempatkan dan ditugaskan di seluruh wilayah NKRI.

12. Bagi wanita berpenampilan menarik; dan

13. Surat Keterangan Bersih Diri (SKBD) dari Koramil setempat.


CARA MENDAFTAR
1.Calon mendaftar secara online melelui internet dengan website al.rekrutmen-tni.mil.id dengan mengisi formulir pendaftaran.

2.Daftar ulang secara fisik ketempat pendaftaran yang telah ditentukan dengan membawa serta

  • Cetakan formulir pendaftaran
  • Dokumen asli Akte Kelahiran
  • KTP Calon dan KTP Orang Tua/Wali
  • Kartu Keluarga(KK)
  • Ijazah Dan SKHU SD,SMP,SMA Sederajat

Masing-masing foto copy Satu lembar,Pas foto hitam putih terbaru ukuran 4x6 cm dua lembar,3x4 tiga (3) lembar serta stopmap warna Kuning

3.Pakaian Calon saat mandaftar kemeja putih dan celana kain hitam.

Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi Lanal Maupun Lantamal terdekat dikota kamu.

Bila proses seleksi menjadi prajurit TNI Angkatan Laut nanti berlangsung, Anda tidak akan dipungut biaya apapun. Dimulai dari pendaftaran, pelaksanaan seleksi sampai dengan pendidikan.

Siapkan diri anda sebaik-baiknya, percayalah pada kemampuan sendiri dan yakinlah bahwa yang akan menjadi lulus adalah anda sendiri bukan orang lain.

Nah itu saja persyaratan yang kamu harus siapkan. bagaimana sobat, sudah melengkapi persyaratan nya sebelum mengikuti tes TNI Angakatan Laut? (Sbp)

Post a Comment

0 Comments