Lagi, TNI AD Kembali Menjadi Juara Umum AASAM 2019

KORANMILITER - Kejuaraan lomba tembak yang diikuti angkatan darat dari negara-negara wilayah Asia Pasifik dan beberapa negara dari benua Amerika dan Eropa atau AASAM merupakan ajang bergengsi untuk unjuk kemampuan menembak senjata ringan antar negara.


Pada tahun ini, juara umum lomba menembak Australian Army of Skill Arms at Meeting (AASAM), kembali mampu diraih kontingen TNI AD. Ini merupakan gelar ke-12 bagi TNI AD.

Lomba menembak yang digelar secara rutin oleh Royal Australian Army atau Angkatan Darat Australia ini digelar selama 8 hari, yakni pada 26 Maret-2 April 2019 di Puckapunyal Military Range, Victoria, Australia.

Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), Letnan Jenderal (Letjen) TNI Besar Harto Karyawan, dan Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 1 Kostrad Mayjen TNI Agus Rohman, turut hadir meninjau lomba tembak AASAM tahun 2019.

Torehan tinta emas kembali diraih TNI AD, diperlombaan bergengsi antar Angkatan Darat dari 20 negara di wilayah Asia Pasifik, dan beberapa negara dari benua Amerika, serta Eropa.

TNI AD memperoleh 21 medali emas, 14 perak, dan 10 perunggu dari berbagai materi lomba tembak yang diperebutkan dalam lomba tembak AASAM 2019 ini.


Predikat juara umum ini, telah diraih TNI AD untuk kali ke 12 secara berturut-turut, sejak lomba tembak AASAM ini digelar oleh Angkatan Darat Australia.


Sementara itu, untuk juara kedua AASAM tahun 2019 ini, diraih  kontingen Australia, dan juara tiga diraih kontingen Malaysia.

Sebanyak Lima orang penembak TNI AD, juga masuk sebagai 20 orang penembak terbaik yang terpilih untuk mengikuti Match Championship 104, dari masing-masing kontingen negara peserta AASAM.

Para prajurit TNI AD tersebut, kembali berjaya diajang Match Championship 104, dengan menyapu bersih seluruh gelar juara. Yakni, Sertu Woli sebagai Juara 1, Sertu Misran sebagai Juara 2, dan Kopda Arifin sebagai Juara 3.

Gelar juara untuk kali ke 12 ini, disambut penuh riang gembira oleh anggota kontingen TNI AD diajang lomba tembak AASAM 2019. Mereka mampu menunjukkan kepada dunia sebagai salah satu prajurit terbaik di mata dunia internasional.

Dengan hasil tersebut maka TNI AD dinyatakan sebagai Juara Umum Lomba Tembak AASAM 2019. Paban Binlat Sopsad Kolonel Inf Bangun Nawoko, juga ikut mendampingi Pangkostrad dalam peninjauan kali ini dan Atase Darat Indonesia untuk Australia Kolonel Inf Herbert Tambunan. (Sbp)

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak dan benar sesuai dengan topik artikel yang dibahas!

Previous Post Next Post
close