Jalur Pendaftaran TNI Dan Perbedaan Tamtama, Bintara, Dan Perwira

KORANMILITER - Tentara Nasional Indonesia (TNI) adalah salah satu medan juang dalam mengabdi kepada Nusa dan Bangsa. Tak heran, jika instansi ini memiliki antusiasme yang tinggi dari pemuda dan pemudi untuk bergabung bersama TNI.


Tentara Nasional Indonesia (TNI) terdiri dari tiga matra yakni darat, laut, dan udara. Di setiap tahunnya, TNI selalu membuka kesempatan kepada seluruh pemuda dan pemudi untuk bergabung menjadi prajurit TNI.

Nah, bagi kamu yang bermimpi untuk menjadi seorang prajurit TNI, sebelum mendaftar ada baiknya untuk mengetahui jalur pendaftaraan TNI yang tersedia beserta perbedaan Tamtama, Bintara, dan Perwira

Karena disetiap Jalur Pendaftaran TNI yang tersedia memiliki proses dan pelaksanaan tugas yang berbeda. Dimulai dari proses pendaftaran, pendidikan, hingga pelaksanaan tugas nantinya.

Untuk itu, sebelum mendaftar ada baiknya kamu memilih jalur yang sesuai dengan potensi yang kamu miliki agar tidak keliru dalam menentukan pilihan.

Berikut ini 3 jalur pendaftaran TNI yang bisa menjadi pilihan kamu untuk bergabung menjadi prajurit TNI, beserta perbedaan Tamtama, Bintara, dan Perwira

1. Tamtama (Secata)


Tamtama merupakan jalur pendaftaran TNI pertama yang dapat kamu coba untuk bergabung bersama TNI. Di dalam instansi TNI, tamtama merupakan jenjang kepangkatan paling rendah. Setiap pemuda yang mendaftarkan diri menjadi calon siswa tamtama akan menghadapi test yang cukup sulit.


Apabila dinyatakan lolos, calon siswa akan mengikuti pendidikan pertama tamtama (Dikmata) di sekolah calon tamtama. Mereka akan dibentuk sebagai prajurit yang memiliki jiwa militan, rela berkorban dan berjuang tanpa pamrih untuk bangsa dan Negara.

Jika selesai mengikuti pendidikan, kamu akan memulai karier di militer dengan pangkat awal prajurit/kelasi dua. pendidikan terendah tamtama ialah Berijazah SMP.

2. Bintara (Secaba)


Bintara merupakan jalur pendaftaran TNI kedua yang bisa kamu coba untuk bergabung bersama TNI. Di dalam instansi TNI, bintara merupakan jenjang kepangkatan yang berada di posisi tengah-tengah.


Bintara merupakan bawahan dari perwira dan pimpinan satuan terkecil (Regu) yang akan membawahi prajurit tamtama untuk melaksanakan berbagai tugas strategis. Bintara juga berfungsi sebagai penghubung antara perwira dengan tamtama.

Bagi kamu yang lulusan SMA, kamu dapat mencoba jalur ini. Apabila kamu dinyatakan lulus, kamu akan melaksanakan pendidikan pertama bintara (Dikmaba) dan akan memulai karier di militer dengan pangkat awal Sersan Dua.

3. Taruna dan Taruni


Taruna merupakan jalur pendaftaran TNI ketiga yang dapat kamu gunakan untuk bergabung bersama TNI. Berbeda dengan Tamtama dan Bintara, di taruna kamu akan di bentuk menjadi seorang perwira atau pemimpin.

Kamu akan melaksanakan pendidikan di Akademi TNI sesuai matra yang kamu daftar selama 4 Tahun. Sekolah akademi yang dimiliki instansi TNI adalah :
1. Akademi Militer (AKMIL)
2. Akademi Angkatan Laut (AAL)
3. Akademi Angkatan Udara (AAU)
bagi kamu lulusan SMA jurusan IPA dan memiliki nilai rata-rata UN 6. Kamu dapat mencoba jalur yang satu ini. apabila kamu dinyatakan lolos, kamu akan memulai karier di militer dengan pangkat awal Letnan Dua dan mendapat gelar S.Tr.Han yang setara dengan Sarjan (S1).

Itulah jalur pendaftaraan TNI yang tersedia beserta perbedaan Tamtama, Bintara, dan Perwira. Nah, sudahkah kamu menentukan jalur yang sesuai dengan potensi yang kamu miliki. (Sbp)

Post a Comment

2 Comments

Berkomentarlah dengan bijak dan benar sesuai dengan topik artikel yang dibahas!