5 Sekolah Kedinasan Favorit Ini Pantas Untuk Anda

KORANMILITER - Sekolah kedinasan atau sekolah ikatan dinas adalah sekolah yang di fasilitasi oleh negara dengan tujuan mendidik dan memberdayakan sumber daya manusia yang ada di Indonesia untuk mengisi posisi - posisi penting di setiap institusi yang ada di pemerintahan.


Setelah melaksanakan pendidikan nanti kamu bisa langsung bekerja tanpa perlu pusing Untuk Cari Pekerjaan. Sekolah Kedinasan Atau Sekolah Ikatan Dinas Memang Menjadi Salah Satu Pilihan Favorit Bagi Lulusan SLTA Sederajat Yang Ingin Lanjut Ke Pendidikan Tinggi. Apalagi Bagi Mereka Yang Memang Sudah Memproyeksi Pekerjaan Yang Akan Mereka Tekuni Nanti.

Selain PKN STAN Ternyata Ada Beberapa Juga Loh Sekolah Ikatan Dinas Yang Menjadi Favorit Dikalang Remaja Saat Ini. Berikut Ini 5 Sekolah Ikatan Dinas Yang Pantas Buat Kamu, Apa Sajakah Itu, Langsung Saja Kita Bahas

1.Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN)


IPDN Adalah Lembaga Pendidikan Tinggi Kedinasan Yang Berada Dalam Naungan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri). Institusi Ini Telah Mengalami Sejarah Yang Panjang Hingga Bernama Resmi IPDN Seperti Sekarang Ini. IPDN memiliki 2 fakultas yaitu Fakultas Politik Pemerintahan dan Fakultas Manajemen Pemerintahan.
  • Fakultas Politik Pemerintahan Memiliki 2 Prodi Yaitu
    a. Prodi Kebijakan Pemerintahan dan
    b. Prodi Politik Pemerintahan.
  • Fakultas Majamen Pemerintahan Memiliki 4 Prodi Yaitu
    a. Prodi Manajemen Sumber Daya Manusiab.
    b. Prodi Manajemen Keuangan
    c. Prodi Manajemen Pembangunan Dan
    d. Prodi Manajemen Pemerintahan.
    Selain Itu, IPDN Memiliki Kampus Yang Berpusat Di Sumedang, IPDN Juga Memiliki Kampus Yang Tersebar Di Beberapa Daerah Diantaranya Jakarta, Sumbar, Sulsel, Sulut, NTB, Papua, Kalbar dan Riau. Penasaran Dengan Institusi Perguruan Dalam Negeri (IPDN), Kamu Bisa Kepoin Situs Resmi Nya Di Ipdn.ac.id

    2. Akademi Polisi (Akpol)



    Akademi Kepolisian (Akpol) Merupakan Sebuah Lembaga Pendidikan Tinggi Ikatan Dinas Yang Memang Ditujukan Untuk Mencetak Perwira Remaja Di Institusi Polri. Karena Akpol Adalah Pelaksana Pendidikan Tingkat Akademi, Maka Dibutuhkan Waktu Selama 4 Tahun Agar Seorang Taruna Dapat Dinyatakan Lulus Dan Kemudian Dilantik Presiden. Akpol sendiri berada di bawah naungan Kalemdikpol (Kepala Lembaga Pendidikan Polri). Pendekatan Pendidikan Di Lembaga Pendidikan Akpol Dilakukan Melalui Metode Pembelajaran, Pelatihan Dan Pengasuhan.

    Info Yang Tak Kalah Penting Lainnya Adalah Akpol Tergabung Dalam INTERPA (International Association of Police Academies) Dari 36 negara anggota lainnya. Setiap Perwira Remaja Polri Akan Mendapat Pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda). Lulusan Dari Akpol Berhak Mendapatkan Gelar Sarjana Terapan Kepolisian (S.Tr.K).

    Sejak 10 April 1999 Akpol Dinyatakan Terpisah Dari AKMIL, AAL, AAU Serta Teknis Administrasi Juga Lepas Dari Mako Akademi TNI. Penasaran Dengan Akademi Kepolisian, Kamu Bisa Kepoin Situs Resmi Nya Di Akpol.ac.id 

    3. Akademi Militer (Akmil)



    Akedemi Militer (Akmil) Adalah Lembaga Pendidikan Tinggi Khusus Untuk Mencetak Perwira TNI Angkatan Darat. Lembaga Pendidikan Akmil terletak di Kota Magelang, Jawa Tengah. Akmil Sendiri Berada Di bawah Naungan TNI Angkatan Darat Dan Dipimpin Seorang Gubernur Akmil. Sama Seperti Akpol, Setiap Taruna Akmil Juga Harus Menempuh Pendidikan Selama 4 Tahun Dalam Kurikulum Pendidikan Politeknik Ilmu Militer.

    Dengan rincian Pendidikan Dasar Keprajuritan Chandradimuka yang dilaksanakan bersama taruna AAL, AAU, dan Akpol (Akademi Kepolisian) selama 1 tahun Lulusan Akmil Akan Mendapatkan Pangkat Letnan Dua (Letda) Dan Berhak Menyandang Gelar Sebagai Sarjana Terapan Pertahanan (S.Tr.Han). Penasaran Dengan Akademi Militer, Kamu Bisa Kepoin Situs Resmi Nya Di Akmil.ac.id 

    4. Akademi Angkatan Laut (AAL)



    Senada Dengan Akmil, AAL Juga Sekolah Kedinasan Yang Berada Di Lingkup TNI. Akademi Angkatan Laut (AAL) Adalah Sekolah Pendidikan TNI Angkatan Laut Yang Bertempat Di Surabaya,Jawa Timur, Indonesia. Akademi Angkatan Laut Ditujukan Untuk Mencetak Perwira TNI Angkatan Laut. Secara organisasi, Akademi Angkatan Laut Berada Di Dalam Struktur Organisasi TNI Angkatan Laut, Yang Dipimpin Oleh Seorang Gubernur Akademi Angkatan Laut.

    Sebutan Untuk Taruna AAL Adalah “Kadet”. Calon Kadet Akademi Angkatan Laut Merupakan Lulusan SMA atau MA. Pendidikan AAL Sendiri Merupakan Pendidikan Ikatan Dinas Yang Dibiayai oleh negara. Pendidikan AAL Ditempuh Selama 4 Tahun Dan Setelah Dinyatakan Lulus Akan Dilantik Menjadi Perwira Remaja Berpangkat Letnan Dua (Letda), Dan Berhak Menyandang Gelar Sebagai Sarjana Terapan Pertahanan (S.Tr.Han). Penasaran Dengan Akademi Angkatan Laut, Kamu Bisa Kepoin Situs Resmi Nya Di Aal.ac.id

    5. Akademi Angkatan Udara (AAU)


    Akademi Angkatan Udara (AAU) adalah sekolah pendidikan TNI Angkatan Udara di Yogyakarta, Indonesia. Akademi Angkatan Udara mencetak Perwira TNI Angkatan Udara. Secara organisasi, Akademi Angkatan Udara berada di dalam struktur organisasi TNI Angkatan Udara, yang dipimpin oleh seorang Gubernur Akademi Angkatan Udara. 

    Sistem Pendidikan di Akademi Angkatan Udara menganut sistem Tri Tunggal Terpadu. Artinya sistem pendidikan yang dilaksanakan meliputi kegiatan pengajaran, jasmani militer dan latihan serta pengasuhan secara terpadu.

    Sama Seperti Akmil Dan AAL, Lulusan AAU Juga Akan Mendapatkan Pangkat Letnan Dua (Letda) Dan Berhak Menyandang Gelar Sebagai Sarjana Terapan Pertahanan (S.Tr.Han). Penasaran Dengan Akademi Angkatan Udara, Kamu Bisa Kepoin Situs Resmi Nya Di Aau.ac.id 

    Setiap Taruna Akpol, Akmil, AAL, Dan AAU Yang Telah Menyelesaikan Pendidikan Akan Dilantik Oleh Presiden RI Di Istana Negara Secara Bersamaan. Bagi Taruna Terbaik Setiap Matra Akan Meraih Adhimakayasa Sebagai Penghargaan. 

    Nah, itulah lima Perguruan Tinggi Kedinasan yang dapat kamu jadikan alternatif pilihan setelah lulus dari SMA. Lalu, Sekolah Kedinasan Manakah Yang Menjadi Favorit Anda? Sudah Siapkah Anda Mewujudkannya? Semoga Artikel Ini Dapat Bermanfaat. 


    Post a Comment

    2 Comments

    Berkomentarlah dengan bijak dan benar sesuai dengan topik artikel yang dibahas!