Inilah Pasukan Khusus Yang Pakai Baret Merah di Indonesia, Salah Satunya Dari Polisi, Apa Saja?


Dalam mempertahankan keamanan dan kedaulatan negara, Indonesia memiliki beberapa pasukan elite yang cukup disegani dunia. 

Beberapa pasukan elit yang dimiliki Indonesia itu dibekali oleh keahlian dan kemampuan khusus seperti pengintaian, anti teror, sabotase dan lainnya. kemampuan khusus itu menjadi ciri khas pasukan tersebut.

Tak cuma keahlian dan kemampuan khusus, beberapa pasukan elit ini bahkan menggunakan baret merah sebagai ciri khas mereka.

Penggunaan baret merah oleh beberapa pasukan khusus di Indonesia menandakan mereka berbeda dari pasukan umum lainnya.

Beberapa pasukan elit di Indonesia dengan ciri khas baret merah berasal dari TNI seperti TNI AD, TNI AL, dan TNI AU.

Tak cuma berasal dari Tentara Nasional Indonesia atau TNI. Lembaga Kepolisian RI juga memiliki pasukan elit dengan ciri khas baret merah nya.

Lalu, tahukah kamu apa saja pasukan elite khusus indonesia yang memakai baret merah? Simak penjelasan berikut ini.

Daftar pasukan elite khusus yang pakai baret merah di Indonesia

1. Kopassus


Siapa yang tak mengenal kopassus. Komando Pasukan khusus atau Kopassus merupakan pasukan kebanggaan masyarakat Indonesia yang berasal dari TNI AD.

Anggota Kopassus sangat mudah untuk dikenali. Memakai seragam loreng darah mengalir dan baret merah menjadi ciri khas Kopassus.

Setiap anggota Kopassus dibekali sejumlah kemampuan khusus di antaranya gerak cepat dalam setiap medan, menembak cepat, pengintaian dan anti-teror. 

Pasukan khusus yang memiliki motto Berani, Benar, dan Berhasil ini dibentuk pada 16 April 1952.

2. Kopaska


Komando Pasukan Katak disingkat Kopaska adalah pasukan khusus yang berasal dari TNI Angkatan Laut.

kopaska juga merupakan salah satu pasukan elit Indonesia yang menggunakan baret merah sebagai ciri khasnya. 

Tugas utama dari pasukan ini adalah demolisi bawah air, sabotase, penghancuran instalasi bawah air, pengintaian, mempersiapkan pantai pendaratan untuk operasi amfibi yang lebih besar serta antiteror di laut.

Pasukan ini secara resmi didirikan pada 31 Maret 1962 dengan semboyan ‘Tan Hana Wighna Tan Sirna’ yang berarti ‘tak ada rintangan yang tak dapat diatasi

3. Koopssus TNI


Komando Operasi Khusus Tentara Nasional Indonesia disebut (Koopssus TNI) merupakan salah satu unit pasukan elit TNI yang menggunakan baret merah sebagai ciri khas nya. Pasukan ini berada langsung dibawah Komando Panglima TNI.

Pasukan yang diresmikan pada tanggal 30 Juli ini merupakan gabungan dari beberapa Pasukan elit dari tiga matra yang dimiliki oleh TNI. 

Pasukan ini memiliki beberapa tugas seperti Operasi militer selain perang (OMSP), operasi pengintaian khusus, pertempuran jarak dekat, sabotase, kontra-intelijen, anti-pemberontakan, anti-teror global, SAR tempur dengan motto Terpilih, Cepat, Berhasil.

4. Densus 88 Anti Teror (Polri)


Detasemen Khusus 88 Anti Teror Kepolisian Negara Republik Indonesia atau Densus 88 AT Polri adalah satuan anti teror milik Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Densus 88 Anti Teror memiliki tugas untuk penanggulangan setiap tindak pidana terorisme di Republik Indonesia. 

Pasukan elit yang dibentuk pada tanggal 26 agustus 2004 ini memiliki beberapa keahlian khusus terdiri seperti ahli investigasi, ahli bahan peledak sebagai penjinak bom, dan unit pemukul yang di dalamnya terdapat ahli penembak jitu.

Saat ini, Personil Densus 88 Anti Teror kerap tampil menggunakan baret berwarna merah maron. salah-satu nya saat proses pemindahan 22 teroris dari Surabaya ke Jakarta

Nah, itu tadi beberapa pasukan elite khusus di Indonesia yang pakai baret merah sebagai ciri khas nya. salah satunya berasal dari Polri.

Post a Comment

0 Comments

close