Survei Alvara: Kepuasan Publik terhadap TNI Tertinggi, DPR Terendah


Koranmiliter - Alvara Research Center telah mengeluarkan hasil survei terbaru mengenai kinerja Pemerintahan Joko Widodo dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla selama periode 2014 - 2019.

Selain memberikan rapor kinerja dan menggambarkan tingkat kepuasan publik terhadap pemerintahan Jokowi-JK, survei alvara juga memotret tingkat kepuasan publik terhadap beberapa lembaga negara.

Hasilnya, survei yang digelar Alvara Research Center menunjukkan TNI menjadi lembaga dengan tingkat kepuasan publik tertinggi selama pemerintahan Joko Widodo - Jusuf Kalla periode 2014-2019.

Tingkat kepuasan publik tertinggi yang diraih oleh TNI mencapai angka 91,0 persen. Kemudian Disusul lembaga anti rasuah yakni Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan persentase sebanyak 80 persen dan institusi kepolisian dengan nilai 78,1 persen.

Sedangkan survei yang menunjukkan tingkat kepuasan publik terendah diraih oleh tiga lembaga yaitu, MPR dengan 69,9 persen, partai politik dengan 67,6 persen, dan DPR 66,7 persen.

Menurut CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali, tingkat kepuasan terhadap lembaga-lembaga ini mencerminkan harapan publik kepada lembaga-lembaga negara tersebut. Semakin rendah tingkat kepuasan maka semakin besar kesenjangan harapan dengan kenyataan.

Untuk ke depannya diharapkan ketiga lembaga dengan tingkat kepuasan terendah itu disarankan untuk meningkatkan kinerjanya.

Sekedar informasi, survei yang dilakukan Alvara Research Center melibatkan 1.800 responden yang berusia 14-55 tahun.

Mereka dipilih dengan metode multistage random sampling. para responden yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia itu diwawancarai secara langsung atau tatap muka. (Psr)

Post a Comment

0 Comments