Inilah Perbedaan Grup 1, Grup 2, dan Grup 3 Kopassus


Koranmiliter - Komando Pasukan Khusus atau yang biasa disingkat Kopassus merupakan bagian dari Komando Tempur Utama (KOTAMA) yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat.

Prajurit Kopassus dibekali dengan kemampuan khusus seperti bergerak cepat di setiap medan, menembak dengan tepat, pengintaian, dan anti teror.

Prajurit Kopassus dapat dengan mudah untuk dikenali. Menggunakan baret merah serta seragam loreng darah mengalir merupakan ciri khas prajurit Kopassus. Pasukan Kopassus sering juga disebut sebagai Korps baret merah.

Dalam operasi militer perang (OMP) Kopassus bertugas melancarkan serangan langsung untuk menghancurkan logistik musuh, Combat SAR, Anti Teror, maupun Operasi Inteligen Khusus.

Selain itu, Kopasus juga dapat diterjunkan dalam operasi militer selain perang bertugas sebagai bantuan kemanusiaan, operasi anti insurjensi, separatisme dan pemberontakan, perbantuan terhadap kepolisian atau pemerintah, SAR Khusus, serta Pengamanan VVIP.

Umumnya, Prajurit Kopassus berbeda dengan prajurit reguler lainnya yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat. Para prajurit yang tergabung dalam Kopassus sering dilibatkan untuk menjalankan misi-misi khusus.

Untuk membedakan Kopassus dengan pasukan reguler lainnya, satuan setingkat brigade di dalam Kopassus diberi nama dengan Grup. Di dalam Kopassus terdapat tiga grup yakni :

  • Grup 1/Para Komando berlokasi di Serang, Banten.
  • Grup 2/Para Komando berlokasi di Kartasura, Jawa Tengah.
  • Grup 3/Sandhi Yudha berlokasi di Cijantung, Jakarta Timur. serta,
  • Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus) berlokasi di Batujajar Bandung.
  • Satuan Penanggulangan Teror 81 Kopassus berlokasi di Cijantung, Jakarta Timur.

Karena berbeda dengan satuan pada umumnya, setiap grup di Kopassus dipimpin seorang perwira berpangkat Kolonel. Sedangkan dibawahnya terdapat sebuah Batalyon yang dipimpin oleh seorang perwira berpangkat Letnan Kolonel.

Baca Juga : Beginilah Kerasnya Pendidikan Menjadi Prajurit Kopassus

Kemudian, di dalam Batalyon terdapat istilah Detasemen, Tim, Unit, atau Satuan Tugas Khusus, yang dipimpin oleh perwira berpangkat Letnan sampai Mayor.

Lalu, tahukah kamu perbedaan dari Grup 1, Grup 2, dan Grup 3 pada Kopassus?

Perbedaan Grup 1, Grup 2, Grup 3 KOPASSUS

Grup 1 dan Grup 2 pada Kopassus memiliki kualifikasi yang sama, yaitu Para Komando atau yang disingkat Parako.

Dalam penugasannya, Prajurit Kopassus yang memiliki kualifikasi Parako dapat diterjunkan dimana saja mulai operasi Lintas Udara (Linud) hingga penyerbuan amfibi dari laut.

Grup 1 Kopassus dibentuk pada 23 Maret 1963. Grup I Kopassus bermarkas di Serang, Banten dengan komandan pertamanya Mayor Benny Moerdani.

Grup I Kopassus terdiri dari empat batalyon tempur, yakni :

1. Batalyon 11/Atulo Sena Baladhika.
2. Batalyon 12/Asabha Sena Baladhika.
3. Batalyon 13/Thikkaviro Sena Baladhika dan
4. Batalyon 14/Bhadrika Sena Baladhika.

Sementara itu, Grup 2 Kopassus dibentuk pada tahun 1962. Grup ini bermarkas di Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Grup II Kopassus terdiri dari tiga batalyon tempur, yakni :

1. Batalyon 21/Bhirawa Yudha.
2. Batalyon 22/Manggala Yudha.
3. Batalyon 23/Dhanuja Yudha.

Berbeda dengan dua grup sebelumnya, Grup 3 Kopassus memiliki penambahan spesialisasi, yakni di bidang intelijen. Hal itu dapat dengan mudah dilihat dari belakang nama satuan, Sandi Yudha.

Satuan ini memiliki spesifikasi tugas perang rahasia di antaranya intelijen tempur kontra pemberontakan. Grup ini bermarkas di Mako Cijantung, Jakarta Timur.

Grup III Kopassus terdiri dari tiga batalyon, yakni:

1. Batalyon 31/Eka Sandhi Yudha Utama
2. Batalyon 32/Apta Sandhi Prayudha Utama
3. Batalyon 33/Wira Sandhi Yudha Sakti

Untuk menjadi prajurit Grup III Kopassus Tidaklah mudah. setiap calon prajurit wajib menjalani seleksi yang sangat ketat, mulai dari calon prajurit yang masih pendidikan hingga personel yang sudah bertugas aktif di kesatuan tetapi memiliki bakat intelijen yang akan dilatih lagi. (Sbp)

Mari bergabung bersama kami di Instagram.

Post a Comment

1 Comments

  1. Teruslah berjuang dan berbakti untuk rakyat dan Bangsa Indonesia. Maju kopasusku Jayalah Selalu.

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan bijak dan benar sesuai dengan topik artikel yang dibahas!