Demi Perdamaian Di Papua, Jokowi Siap Bertemu Dengan Tokoh Pro-Separatis


Koranmiliter - Demi perdamaian di bumi Papua, Presiden RI Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi menyatakan siap bertemu dengan tokoh-tokoh pro separatis Papua. 

Pertemuan itu merupakan usulan dari DPRD Kabupaten/Kota se-Papua dan Papua Barat saat menemui Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

“Ya tidak ada masalah. Bertemu saja. Dengan siapapun akan saya temui kalau memang ingin bertemu,” ujar Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, (30/9/2019).

Puluhan anggota DPRD Kabupaten/Kota se-Papua dan Papua Barat mengusulkan agar pemerintah bertemu dan berdialog dengan tokoh-tokoh Papua yang memiliki ideologi berseberangan. Seperti Gerakan Pembebasan Papua Barat (ULMWP).

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko sebelumnya telah menanggapi usulan itu. Moeldoko meminta para tokoh separatis ini bertemu dengan ia terlebih dahulu sebelum dengan Jokowi.

Sementara itu, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mendukung rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menemui tokoh kelompok yang berseberangan dengan pemerintah saat ini, seperti Gerakan Papua Merdeka atau United Liberation Movement of West Papua (ULMWP) dan Komite Nasional Papua Barat (KNPB).

Komnas HAM menilai pertemuan itu akan menjadi hal yang baik bagi perdamaian di Papua.

“Iya, baik yang dianggap mendukung kemerdekaan, mendukung perdamaian, kelompok-kelompok kemanusiaan, itu kami dukung untuk proses dialog,” jelas Komisioner Komnas HAM Muhammad Choirul Anam Senin (30/9). (Sbp)

Post a Comment

0 Comments