TNI-Polri Berhasil Ciduk Ketua KNPB Mimika Terkait Dalang Kerusuhan Di Papua


Koranmiliter - Aparat gabungan TNI - Polri berhasil menangkap Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Mimika, Steven Itlay terkait kerusuhan Papua pada 29 Agustus lalu. 

Tersangka Steven Itlay diduga terlibat dalam aksi protes berujung kerusuhan di Kota Jayapura, Papua.

Steven Itlay diketahui membantu mengatur pergerakan KNPB Mimika dan Sentani untuk berunjuk rasa. Steven Itlay juga mengirimkan instruksi ke seluruh pimpinan KNPB wilayah untuk beraksi.

Steven ditenggarai berperan juga untuk memobilisasi massa dari Sentani dan mengirim instruksi dari Agus Kosay kepada seluruh pimpinan KNPB wilayah.

Steven Itlay juga diduga melakukan komunikasi dengan Benny Wenda terkait unjuk rasa berujung kericuhan.

Steven Itlay, berhasil diamankan aparat gabungan TNI-Polri di depan gerbang Universitas Cenderawasih bersama dua rekan nya, yakni Aris Wenda dan Yulubanus Damai W Kogoya sebagai saksi.

Beberapa hari sebelumnya, Aparat TNI-Polri berhasil menangkap aktivis Papua Merdeka Ketua United Liberation Movement for West Papua (ULMWP), Buchtar Tabuni yang merupakan anak buah tokoh separatis Benny Wenda.

Anak buah Benny Wenda itu pun sudah ditetapkan sebagai tersangka. Buchtar Tabuni dikenakan pasal makar. Namun tidak tertutup kemungkinan akan dikenakan pasal lainnya. (Psr)

Post a Comment

0 Comments