Prajurit TNI AL Berhasil Sergap Dan Periksa Kapal Milik Australia


Koranmiliter - Prajurit TNI Angkatan Laut (TNI AL) berhasil menyergap dan memeriksa sebuah kapal Australia HMAS Maryborough-95 di perairan Kupang, Nusa Tenggara Timur, Minggu (15/9).

Dua kapal perang Indonesia, yakni KRI Layang-635 dan KRI Tongkol-813 diterjunkan untuk menyergap dan memeriksa kapal Australia itu.

Kegiatan penyergapan itu merupakan materi dari latihan tahunan yang dilaksanakan oleh TNI AL dan Royal Australian Navy (RAN) atau yang diberi nama Cassowex 2019.

Dansatgas Cassowex 2019, Mayor Laut (P) Lustia Budi S.E. M.Tr. Hanla menjelaskan bahwa latihan akan dilaksanakan beberapa serial latihan bersama untuk mengasah kemampuan para pengawak ketiga kapal

Salah satu latihan yang menjadi perhatian adalah Latihan Pencarian, Penyergapan dan Pembebasan Kapal. 

Latihan ini bertujuan melatih tim pemeriksa TNI AL maupun RAN melaksanakan tugasnya dengan baik saat melaksanakan pemeriksaan dan penggeledahan terhadap kapal-kapal yang diduga melakukan pelanggaran di laut ”, tegas Lustia Budi, sapaan karib Dansatgas Cassowex 2019 yang juga Komandan KRI Layang-635.

KRI Layang-635, KRI Tongkol-813 dan kapal perang Australia HMAS Maryborough-95 turut dilibatkan dalam latihan tersebut. (Mns)

Post a Comment

0 Comments