Aksi Serda Muhtar Selamatkan Lumba-Lumba Yang Terdampar


Koranmiliter - Seorang prajurit TNI yang bertugas sebagai Komandan Regu (Danru) Provost di Kodim 0807/Tulungagung Serda Muchtar berhasil selamatkan seekor ikan lumba-lumba yang terdampar di Pantai Klatak (01/09/2019). 

Berdasarkan penuturan Serda Muchtar, kejadian terjadi di Pantai Klatak wilayah Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung sekitar pukul 14.00 WIB. Awalnya ia bersama keluarga sedang menikmati liburan di Pantai Klatak usai melaksanakan pengamanan kegiatan Sedekah Bumi di Pantai Gemah yang tak berjauhan dengan Pantai Klatak.

Saya datang di Pantai Klatak, liat pantai agak surut saya duduk-duduk di batu karang. Beberapa menit kemudian ada ombak datang dan saya terkejut ada ikan besar di depan saya. Saya dekati ternyata ikan lumba-lumba.” ungkap Serda Muhtar.

Serda Muhtar mengatakan, ikan lumba-lumba yang terdampar tersebut adalah ikan yang harus tetap hidup sehingga perlu untuk dikembalikan ke habitatnya yaitu di laut. Proses pelepasan ikan lumba-lumba tersebut ke laut dilakukan 3 kali. 

Pada percobaan pelepasan ikan lumba-lumba pertama dan kedua kali ke laut, ikan itu kembali ke tepi pantai. Kemudian, pada percobaan yang ketiga, ikan berhasil dilepas ke habitatnya di laut. Untuk memastikan ikan itu berhasil dilepas ke laut, Serda Muhtar menunggu hingga satu jam dan ikan itu tidak kembali ke tepi pantai lagi.

Langsung saat itu saya masih pakaian dinas berusaha memasukkan sampai tiga kali bisa selamat, ya mungkin kurang dalem akhirnya samppai kedaleman diatas pinggang baru ikan itu bisa masuk ke laut.” tambah Serda Muhtar.


Saat proses pelepasan ikan ke habitatnya, Serda Muhtar mengaku dibantu warga saat mengangkat ikan lumba-lumba yang terdampar.

Kalo berat kayaknya lebih dari 50 kg, karena waktu saya angkat langsung jatuh. Karena melihat 2 kali saya menolong, warga yang melihat ikut membantu mengangkat.” tutup Serda Muhtar.

Menanggapi hal itu, Komandan Kodim (Dandim) 0807/Tulungagung Letkol Inf Wildan Bahtiar, S.I.P membenarkan tentang kejadian humanis yang dilakukan Serda Muhtar.

Anggota kami Serda Muhtar melaksanakan penyelamatan lumba-lumba yang terdampar di Pantai Klatak.” ungkap Dandim

Selaku Komandan satuan, Letkol Inf Wildan Bahtiar, S.I.P sangat mengapresiasi tindakan yang dilakukan oleh Serda Muhtar yang dengan sigap menyelamatkan ikan lumba-lumba yang terdampar.

Hal tersebut mencerminkan tingginya rasa kepedulian yang dimiliki oleh seorang prajurit terhadap lingkungan terutama terhadap makhluk hidup seperti ikan lumba-lumba.

Saya mengapresiasi tindakan yang dilakukan Sersan Muhtar yang mencerminkan sejauh mana prajurit bertugas, manakala itu di lingkungan ada terjadi hal-hal yang menonjol seperti itu dia menunjukkan jiwa kepeduliannya.” tutur Dandim. (Psr)

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak dan benar sesuai dengan topik artikel yang dibahas!

Previous Post Next Post
close