Potret Kebahagiaan Masyarakat Nduga Bersama Anggota Satgas Yonif Raider 321

Koranmiliter - Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke - 74 tahun ini mengusung tema “SDM Unggul Indonesia Maju” yang akan berfokus pada pembangunan sumber daya manusia.


Satuan Tugas (Satgas) Yonif Raider 321 Kostrad yang dipimpin Mayor Inf Deri Indrawan mencoba mengimplementasikan tema nasional tersebut dengan menggelar perayaan HUT ke-74 RI di wilayah Distrik Mbua, Kabupaten Nduga, Papua, Minggu (18/08/19).

Anggota Satgas Yonif Raider 321 Kostrad bersama Tokoh masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh agama, masyarakat, guru dan siswa SD Mbua berkumpul menjadi satu di lapangan terbuka Mbua untuk melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih. Upacara berjalan dengan lancar dan khidmat dengan kelompok pengibar dari siswa SD Mbua.

Upacara tersebut bertujuan untuk mengajak seluruh elemen masyarakat mengenang perjuangan para pahlawan Indonesia sekaligus meningkatkan rasa cinta tanah air karena kita adalah saudara sebangsa, menutup kegiatan upacara dilaksanakan doa bersama yang dipimpin oleh Pendeta Utlock Umbere.

Kebahagiaan masyarakat Nduga terlihat ketika acara dilanjutkan dengan perlombaan yang melibatkan seluruh masyarakat baik bapak-bapak, mama-mama dan anak sekolah. Terpancar keceriaan dari raut wajah mereka tidak terlihat seperti sedang berkompetisi untuk menjadi pemenang namun tetap dilakukan dengan semangat 45 seperti perjuangan pahlawan kita dahulu, tawa riang, canda gurau terdengar mulai dari awal dan akhir lomba dimana masing-masing pemenang akhirnya mendapat hadiah yang sudah disiapkan.

Diakhir kegiatan, anggota Satgas juga berusaha mengembangkan kemampuan masyarakat asli Papua khususnya mama-mama/perempuan dewasa bekerjasama dengan Tokoh perempuan ibu Tapina Elopere mengadakan perlombaan membuat noken merah putih yang ternyata diluar dugaan mendapat atensi dengan banyaknya partisipasi yang ingin mengikuti perlombaan yang dimulai tanggal 1 Agustus dan diakhiri tanggal 17 Agustus.

Rumitnya proses pembuatan tidak menyurutkan langkah mereka untuk ikut berlomba dan ternyata diakhir acara noken yang mereka buat banyak diminati oleh masyarakat dan anggota yang membeli langsung bahkan memesan karena noken tersebut unik dan khas sehingga dapat menjadi sumber penghasilan baru bagi mereka yang secara tidak langsung sudah meningkatkan taraf perekonomiannya. (Psr)

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak dan benar sesuai dengan topik artikel yang dibahas!

Previous Post Next Post
close