Buntut Demo di Jayapura, warga Mengungsi ke Kodam, Markas TNI AL dan Yonif 751

Koranmiliter - Kerusuhan terjadi di Jayapura, Papua akibat aksi unjuk rasa yang terus meluas dimana ribuan massa yang berunjuk rasa mulai bertindak anarkistis pada Kamis (29/8/2019). 


Akibat dari aksi anarkisme tersebut menyebabkan perekonomian lumpuh dan beberapa fasilitas umum lainnya rusak.

Tak hanya itu, ratusan warga Jayapura dilaporkan mengungsi ke markas TNI. Mereka tersebar di tiga titik diantaranya di Markas Yonif 751 Sentani, Kodam baru dan Pangkalan TNI AL di sekitar Kawasan Entrop, Hamadi. 

Masyarakat yang mengungsi tersebut terdiri dari ibu-ibu dan anak-anak. Sementara pria dewasa tetap tinggal untuk menjaga rumah. Mereka was was akan terjadi bentrok yang mengakibatkan massa pendemo akan bertindak anarkistis.

Sebelumnya, Massa pengunjuk rasa dikabarkan sempat membakar beberapa gedung dan pertokoan sepanjang Abepura, Entrop, dan Jayapura, serta bangunan kantor Telkom dan kantor Pos Jayapura.

Bangunan kantor Bank Indonesia perwakilan Papua, RS Provita Jayapura, Mal Jayapura, dan pertokoan yang berada di sekitarnya juga turut dilempari serta dirusak massa pengunjuk rasa

Sekitar pukul 18.00 waktu setempat, massa yang berunjuk rasa di Jayapura mulai membubarkan diri. Polisi dan TNI memukul mundur pengunjuk rasa menggunakan gas air mata. (Sbp)

Post a Comment

0 Comments