Menyambut HUT RI-74, Raider Laksanakan Longmars Sejauh 130 KM

Koranmiliter - Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke 74. Sabtu, 17 Agustus 2019 ternyata bertepatan dengan Longmars yang dilaksanakan oleh Personel Raider Satuan dibawah jajaran Kostrad.


Longmars dilaksanakan selama empat hari. Dimulai dari desa Desa Pengatigan – Rogojampi menuju Desa Grajagan Kabupaten Banyuwangi.

Longmars merupakan materi Latihan Pembentukan Raider Satjar Kostrad yang di Komandoi Oleh Letkol Inf Andreas Nanang Dwi P, S.I.P sebagai Danlat Lattuk Raider yang Beralokasikan di Yonif Raider 514/9/2 Kostrad.

Didasari semangat pejuang Blambangan melawan penjajah Belanda yg tergambar pada sebuah monumen Puputan Bayu oleh ksatria Blambangan Wong Agung Wilis dan Rempeg Jogopati keturunan Prabu Tawang Alun dengan Macan Putih sebagai kendaraannya dan dijadikan lambang satuan Brigif Raider 9/DY.

Guna mengenang jasa para pahlawan, prajurit Lattuk Raider dalam pelaksanaan Longmars yang dilaksanakan bertepatan dengan Dirgahayu Republik Indonesia ke 74. Letkol Inf Andreas Nanang Dwi P, S.I.P. sebagai Komandan Latihan mengibarkan bendera merah putih dalam setiap langkah perjalanan menuju Finis yang harus dilaluinya selama empat hari menuju Desa Grajagan Banyuwangi.

Pada dasarnya, ketahanan dalam pembentukan mental seorang prajurit diawali dari kekuatan fisik yang prima serta terlatih. Salah satunya ialah dengan menempuh jarak 130 Km dengan berjalan kaki. Longmars yang terbagi menjadi 4 hari pelaksanaan dengan menempuh jarak 37 Km dihari pertama, 36 Km dihari ke dua, 30 Km dihari ke tiga dan 27 Km pada hari terakhir dengan finis di daerah Grajagan kompleks .

Dilaksanakannya Longmars 130 km tersebut diharapkan personel raider dapat memiliki jiwa dan mental yang tangguh dan menjadikan prajurit yang profesional, baik dalam menjalankan tugas dari komando Atas demi menjaga Bangsa dan Negara. (Sbp)

Post a Comment

0 Comments