Inilah 5 Sekolah Kedinasan Favorit Yang Paling Banyak Diminati

KORANMILITER - Lulus SMA kemudian langsung bekerja merupakan impian setiap orang. Terlebih lagi dapat mengisi posisi posisi penting di setiap intansi pemerintahan. Nah bagi kamu yang memiliki impian tersebut, melalui sekolah kedinasan kamu dapat mewujudkan itu semua.


Sekolah kedinasan atau sekolah ikatan dinas memang menjadi salah satu pilihan favorit bagi lulusan SLTA sederajat yang ingin lanjut ke pendidikan tinggi. apalagi bagi mereka yang memang sudah memproyeksi pekerjaan yang akan mereka tekuni nanti.

Sekolah kedinasan atau sekolah ikatan dinas adalah sekolah yang di fasilitasi oleh negara dengan tujuan mendidik dan memberdayakan sumber daya manusia yang ada di Indonesia. Setelah melaksanakan pendidikan nanti kamu bisa langsung bekerja tanpa perlu pusing untuk mencari lowongan pekerjaan.

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara merupakan sekolah kedinasan yang paling banyak diminati kalangan pelajar. Namun, selain PKN STAN ternyata ada juga loh beberapa sekolah kedinasan yang menjadi favorit dikalangan remaja saat ini.

Berikut ini 5 sekolah kedinasan paling banyak diminati yang pantas buat kamu, apa sajakah itu, langsung saja kita bahas.

1. Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN)


Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau IPDN adalah perguru  tinggi kedinasan yang berada dalam naungan kementerian dalam negeri republik indonesia (kemendagri). Sekolah kedinasan inj bertujuan mencetak dan mempersiapkan kader pemerintah, baik di tingkat daerah maupun di tingkat pusat. 


Sekolah kedinasan ini didirikan pada tahun 1956 dan telah mengalami sejarah yang panjang hingga bernama resmi ipdn seperti sekarang ini. ipdn memiliki berbagai macam prodi yang bisa kamu sesuaikan dengan minat yang kamu miliki.

Selain itu, ipdn juga memiliki kampus yang berpusat di sumedang, serta memiliki kampus yang tersebar di beberapa daerah diantaranya jakarta, sumbar, sulsel, sulut, ntb, papua, kalbar dan riau. penasaran dengan institusi perguruan dalam negeri (ipdn), kamu bisa kepoin situs resmi nya di ipdn.ac.id

2. Akademi Polisi (Akpol)


Akademi Kepolisian atau Akpol merupakan perguruan tinggi kedinasan yang memang ditujukan untuk mencetak perwira di instansi Kepolisian. Dikarenakan akpol bertujuan sebagai pelaksana pendidikan tingkat akademi, maka dibutuhkan waktu selama 4 tahun agar seorang taruna dapat dinyatakan lulus dan dilantik.

Akpol berada di bawah naungan kalemdikpol (kepala lembaga pendidikan polri). Pendekatan pendidikan di lembaga pendidikan akpol dilakukan melalui metode pembelajaran, pelatihan dan pengasuhan.

Tanggal 1 Oktober diperingati sebagai hari jadi Akpol. Info yang tak kalah penting lainnya adalah akpol tergabung dalam interpa (international association of police academies) dari 36 negara anggota lainnya.

Setiap taruna yang sudah menyelesaikan studi nya selama 4 tahun akan dilantik sebagai perwira remaja polri dan menyandang pangkat inspektur polisi dua (ipda). lulusan dari akpol juga berhak mendapatkan gelar sarjana terapan kepolisian (s.tr.k).

Akpol merupakan salah satu sekolah kedinasan yang paling banyak diminati.

Sebagai informasi tambahan, sejak 10 april 1999 akpol dinyatakan terpisah dari Akademi Militer, AAL, dan AAU secara teknis administrasi juga lepas dari mako akademi tni. Penasaran dengan akademi kepolisian, kamu bisa kepoin situs resmi nya di akpol.ac.id 

3. Akademi Militer (Akmil)


Akedemi Militer atau Akmil adalah perguruan tinggi kedinasan yang bertujuan untuk mencetak dan mempersiapkan perwira TNI Angkatan Darat. Secara organisasi, Akademi Militer berada di dalam struktur organisasi TNI Angkatan Darat, yang dipimpin oleh Gubernur Akademi Militer.

Akmil merupakan salah satu sekolah kedinasan yang paling banyak diminati.

Sama seperti akpol, setiap taruna Akmil juga harus menempuh pendidikan selama 4 tahun dalam kurikulum pendidikan politeknik ilmu militer dengan rincian pendidikan dasar keprajuritan chandradimuka yang dilaksanakan bersama taruna aal, aau, dan akpol (akademi kepolisian) selama 1 tahun.

Lembaga pendidikan Akademi Militer terletak di kota Magelang. Setiap lulusan Akmil akan mendapatkan pangkat letnan dua (letda) dan berhak menyandang gelar sebagai sarjana terapan pertahanan (s.tr.han). Penasaran dengan akademi militer, kamu bisa kepoin situs resmi nya di akmil.ac.id 

4. Akademi Angkatan Laut (AAL)


Akedemi Angkatan Laut atau AAL adalah perguruan tinggi kedinasan yang bertujuan untuk mencetak dan mempersiapkan perwira TNI Angkatan Laut. senada dengan Akmil, AAL juga sekolah kedinasan yang berada di lingkup TNI. 

AAL merupakan salah satu sekolah kedinasan yang paling banyak diminati.

Lembaga pendidikan Akademi Angkatan Laut berada di kota Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Secara organisasi, AAL berada di dalam struktur organisasi TNI Angkatan Laut, yang dipimpin oleh seorang gubernur Akademi Angkatan Laut.

Sebutan untuk taruna AAL adalah “kadet”. calon kadet Akademi Angkatan Laut merupakan lulusan sma atau ma. Pendidikan AAL juga ditempuh selama 4 tahun.

Bagi kadet yang telah selesai melaksanakan studi dan dinyatakan lulus akan dilantik menjadi perwira remaja berpangkat letnan dua (letda), dan berhak menyandang gelar sebagai sarjana terapan pertahanan (s.tr.han). penasaran dengan akademi angkatan laut, kamu bisa kepoin situs resmi nya di aal.ac.id

5. Akademi Angkatan Udara (AAU)


Akademi Angkatan Udara atau AAU adalah lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang bertujuan untuk mencetak dan mempersiapkan perwira TNI Angkatan Udara. Secara organisasi, akademi angkatan udara berada di dalam struktur organisasi TNI Angkatan Udara, yang dipimpin oleh seorang gubernur akademi angkatan udara. 


Lembaga pendidikan AAU bertempat di Yogyakarta, Indonesia. Pendidikan Akademi Angkatan Udara menganut sistem tri tunggal terpadu yang berarti sistem pendidikan yang dilaksanakan meliputi kegiatan pengajaran, jasmani militer dan latihan serta pengasuhan secara terpadu.

AAU merupakan salah satu sekolah kedinasan yang paling banyak diminati.

Senada dengan Akmil dan AAL, lulusan AAU juga akan menyandang pangkat letnan dua (letda) dan berhak menyandang gelar sebagai sarjana terapan pertahanan (s.tr.han). penasaran dengan akademi angkatan udara, kamu bisa kepoin situs resmi nya di Aau.ac.id 

Tambahan: Bagi setiap taruna Akpol, Akmil, AAL, dan AAU yang telah menyelesaikan pendidikan selama 4 tahun akan dilantik oleh Presiden RI di istana negara secara bersamaan. bagi taruna terbaik setiap matra akan meraih adhimakayasa sebagai penghargaan. 

nah, itulah lima perguruan tinggi kedinasan yang dapat kamu jadikan alternatif pilihan setelah lulus dari sma. 

Lalu, sekolah kedinasan manakah yang menjadi favorit anda? sudah siapkah anda mewujudkannya? semoga artikel ini dapat bermanfaat. (Sbp)

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak dan benar sesuai dengan topik artikel yang dibahas!

Previous Post Next Post
close