Hindari Perkelahian, Dansat Brimob Maluku Apresiasi Sikap Sabar Anggota Kodam Pattimura

KORANMILITER – Komandan Satuan Brimob Polda Maluku Kombes Pol M Guntur mengapresiasi sikap sabar anggota Kodam XVI/Pattimura Serka Peryngatan Halawa yang tidak meladeni sikap brutal salah satu anak buahnya Brigpol VH yang kala itu mengajaknya berkelahi.

Dansat Brimob Polda Maluku, Kombes Pol M Guntur,S.IK, MH

Syukurlah saat itu anggota Kodam tidak melayani, saya berterima kasih dan apresiasi sikap anggota Kodam tersebut,” ujar Guntur (1/4).

Menurutnya, jika saat itu anggota Kodam mengikuti emosinya meladeni tantangan dan terjadi perkelahian dengan anggotanya, ia tidak bisa membayangkan apa yang terjadi termasuk efeknya.

Peristiwa yang nyaris memicu perkelahian dua anggota aparat keamanan ini terjadi Minggu (31/3) sekitar pukul 20.00 WIT di rumah tinggal Serka Peryngatan Halawa, RT 002 RW 004 Desa Hative Kecil, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

Saat itu, dua anggota Brimob Polda Maluku Brigpol VH dan rekannya yang baru usai konsumsi minuman keras mengamuk di sekitar tempat tinggalnya. Dua rumah tetangga menjadi sasaran lemparan batu pelaku. Salah satu rumah itu milik Serka Peryngatan Halawa yang bertugas di Setumdam XVI/Pattimura.


Kaca jendela rumah Serka Pery Halaman yang pecah karena dilempar Bripka VH. Setelah melempar rumah anggota Kodam hingga kaca jendela ruang tamu pecah, Brigpol VH juga mendatangi hingga diteras rumah Serka Pery. Dia mengumpat dan memaki Serka Pery sekeluarga. VH juga sempat menantang Pery untuk berduel. Namun tantangan VH ini tidak diladeni anggota Kodam tersebut.

Kaca jendela rumah Serka Pery Halaman yang pecah karena dilempar Bripka VH

Aksi low profile Serka Pery ini diapresiasi Kombes Pol Guntur. Ini menandakan jiwa kebersamaan dan sinergitas TNI-Polri di Maluku berjalan dengan baik. Jika ada anggota yang bersalah, biarlah proses hukum yang berbicara. Jangan main hakim sendiri yang bisa mengakibatkan efek negatif.

Guntur juga menjelaskan alasan anggotanya melempar rumah anggota Kodam karena menduga orang yang dicari menyembunyikan diri di rumah anggota TNI.

Hasil pemeriksaan anggota provost kami, bahwa saat itu korban yang pertama lari ke rumah anggota Kodam. Sehingga ia nekat melempar rumah anggota Kodam,” jelasnya.

Ia tegaskan, perbuatan tidak terpuji anak buahnya itu akan diproses sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.


Sementara itu, Serka Peryngatan Halawa saat ditemui di kediamannya mengungkapkan yang ada dibenak nya saat itu tidak mau merusak sinergitas dan kebersamaan TNI-Polri di Maluku yang berjalan sangat baik. 

Serka Pery halawa anggota Setumdam XVI/Pattimura

Selama ini, Panglima TNI dan Kapolri hingga pimpinan di daerah setiap saat menyampaikan pentingnya kebersamaan atau sinergitas institusi TNI dan Polri mengawal NKRI. Karena itu ia memilih menghindari potensi gesekan yang bakal terjadi. Ia percaya tindakan Brigpol VH ini pasti akan mendapat sanksi dari pimpinannya.

Masyarakat pasti berkaca kepada kita aparat keamanan. Jika bukan kita yang menjadi tiang utama menjaga Kamtibmas, maka siapa lagi. Kita harus memberi contoh kepada masyarakat. Karena jika kita yang menjadi penyebab gangguan kamtibmas, maka bagaimana kita bisa mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga kamtibmas,” ungkap putra Pulau Nias, Sumatera Utara ini. (Sbp)

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak dan benar sesuai dengan topik artikel yang dibahas!

Previous Post Next Post
close