Aksi Heroik Prajurit TNI Lerai Perang Warga Kampung di Puncak Jaya


Koranmiliter - Prajurit TNI Satuan Tugas Pam Penyangga Yonif 721/Mks dan satuan Tugas Lainya yang berada di Kab. Puncak Jaya melakukan aksi Heroik dengan mendatangi kelompok-kelompok yang tengah bertikai perang antar kampung yang terjadi di Kampung Pagaleme, Distrik Pagaleme, Kabupaten Puncak Jaya, Papua.

perang antar warga kampung ini dipicu penghadangan yang dilakukan kubu BT terhadap KW pada Senin (23/9). KW saat itu terkena panah dan mengalami luka Robek Di bagian Perut.

Keesokan harinya, Selasa (24/9), BT ditemukan meninggal di rumahnya karena terkena panah. Tewasnya BT memicu kemarahan kelompoknya sehingga mereka bergerak dari Kampung Puncak Senyum menuju Kampung Pagaleme dengan membawa panah.

Dari peristiwa tersebut Komandan Satgas Yonif 721/Mks memutuskan untuk bersama-sama dengan satuan lain yang berada di Kab. Puncak Jaya melakukan penyisiran ke kampung-kampung yang terlibat pertikaian dan melakukan mediasi serta memberikan penjelasan bahwa tidak akan ada habisnya jika bertikai terus menerus itu hanya akan memakan korban dan menciptakan suasana yang tidak nyaman di Kab. Puncak Jaya.

Komandan Satgas Yonif 721/Mks mencoba memberikan Pengertian dan penjelasan kepada Ketua adat dan Para pendeta Ketua Agama Agar memberika pengertian Ke orang-orang yang ada di kampungnya agar kasihan kepada Anak-anak mereka tidak bisa pergi kesekolah bermain dan belajar,mamak mamak tidak bisa belanjar kepasar dan berkebun.

komandan satgas Yonif 721/Mks pun menghimbau untuk perang ini di akhiri dan menyelesaikanya secara adat dan Bermusywarah secara baik.

Dalam Kegiatan tersebut Komandan Satgas Yonif 721/Mks juga membegikan bendera Merah Putih sebagai Lambang Persatuan Dan kesatuan untuk menciptakan masyarakat Puncak Jaya lebih aman damai dan nyaman.

Terlepas Dari itu salah satu pendeta tokoh agama kampung Puncak senyum Bapak Yohane Mengatakan Betul Bapak Kami sebagai pendeta Dan Bapak Adat Setuju dengan Apa yang Bapak komandan sampaikan nanti setelah acara Bakar Batu selesai kami akan sampaikan apa yang Bapak komandan samapaikan kepada kami. (Tjg)

Post a Comment

0 Comments