Warga Papua Unjuk Rasa Di Depan Mabes TNI AD, Protes Insiden Surabaya

Koranmiliter - Sejumlah massa asli Papua, yang tergabung dalam aliansi Mahasiswa Anti Rasisme, Kapitalisme, Kolonialisme dan Militerisme menggelar aksi unjuk rasa di depan Mabes TNI Angkatan Darat, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis, 22/8/2019.


Berdasarkan pantauan di lapangan, awalnya massa menyampaikan orasi di depan pintu masuk Monas. Lalu sejumlah massa mendesak untuk demo di depan Mabes TNI AD namun berhasil dihalau oleh Polisi dan TNI. Kemudian massa melanjutkan aksinya ke Kemendagri sambil meneriakan tuntutan aksi dalam bahasa Papua.

Massa berorasi sambil membawa bendera Bintang kejora. Sejumlah teriakan sempat terdengar dari massa aksi terkait Papua merdeka.

"Papua merdeka, Papua merdeka," ujar massa.

Seorang perwakilan massa mengaku sulit mendapatkan informasi terkait kejadian di Papua Barat. Dia meminta agar Pemerintah membuka akses media seluas-luasnya. 

Massa juga nengecam pihak keamanan yang dianggap berlebihan saat menangkap teman-teman kami di Surabaya, dan mengusut tuntas oknum yang terlibat saat mengatakan rasis terhadap Papua di Surabaya.

Aksi protes dilakukan untuk menuntut keadilan atas tindakan diskriminasi dan rasis yang diterima mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya, Jawa Timur. (Tjg)

Post a Comment

0 Comments