Persiapkan Diri Anda Segera, Secaba TNI AL Menanti Anda

KORANMILITER - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) adalah salah satu medan juang alam dalam mengabdi kepada negara dan bangsa Indonesia. TNI Angkatan Laut bertugas menegakkan hukum dan menjaga keamanan diwilayah yuridiksi nasional untuk kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.


Menjadi prajurit TNI Angkatan Laut merupakan sebuah kebanggaan tersendiri karena turut andil dalam menjaga negara ini serta kerap jadi impian kebanyakan pemuda dan pemudi di Tanah Air.

Nah, bagi kalian yang memiliki adik, anak, keponakan, tetangga, saudara, atau bahkan kalian sendiri ingin mengabdi kepada bangsa dan negara, ada kabar baik untuk kalian.

Setekah selesai melaksanakan proses rekrutmen catam angkatan 40/1. Kali ini, TNI Angkatan Laut akan membuka rekrutmen untuk Caba Pria & Wanita Angkatan 40/1 tahun angkatan 2020.

Sebelum mendaftar ada baiknya kamu mengetahui serta mempersiapkan persyaratan nya jauh sebelum tanggal pendaftaran dibuka.


Dilansir dari situs rekrutmen TNI, Berikut ini persyaratan calon Bintara PK Pria & Wanita Gelombang I (01 APRIL – 05 MEI 2020)

1. Warga Negara Indonesia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;

2. Berkelakuan baik & tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis melalui SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian;

3. Pria dan wanita berijasah minimal SMA/MA/SMK segala jurusan dengan nilai akhir rata rata UN dengan UAS minimal 6.00, sedangkan bagi yang berijasah D2/D3 harus berakreditas B dan IPK minimal 2,70;

4. Tinggi badan minimal 163cm (Pria) & 157cm (Wanita) dengan berat badan seimbang;

5. Bagi yang berijasah SMA/MA/SMK berusia setinggi-tingginya 22 tahun dan sekurang-kurangnya 17 tahun 9 bulan pada saat pembukaan Pendidikan Pertama (Dikma), bagi yang berijasah D2/D3 berusia setinggi-tingginya 26 tahun dan sekurang-kurangnya 20 tahun pada saat pembukaan Pendidikan Pertama;

6. Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama mengikuti Pendidikan Pertama sampai dengan dua tahun  setelah selesai Pendidikan Pertama;

7. Sehat jasmani dan rohani, tidak bertato/bekas tato dan tidak bertindik telinga atau anggota badan lainnya kecuali yang disebabkan oleh ketentuan adat, tidak buta warna dan tidak berkacamata atau memakai softlens;

8. Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama sepuluh tahun terhitung mulai saat dilantik menjadi Sersan Dua;

9. Bukan Prajurit TNI, anggota Polri maupun Pegawai Negeri Sipil (PNS);

10. Bebas dari narkoba yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter;

11. Bersedia ditempatkan dan ditugaskan di seluruh wilayah NKRI; dan

12. Bagi wanita berpenampilan menarik.


Syarat-syarat pendaftaran Caba pria/wanita PK TNI AL tahun 2019

1. Fotocopy Ijazah SD, SMP, SMA sederajat
2. Fotocopy SKHUN SD, SMP, SMA sederajat
3. Fotocopy Akte kelahiran calon
4. Fotocopy KTP calon, orang tua, wali (*bagi yang ikut wali)
5. Fotocopy Kartu Keluarga orang tua, wali (*bagi yang ikut wali)
6. Fotocopy kartu BPJS/KIS
7. Map warna biru (Merek map bola)
8. Pas foto 4X6 (20 Lembar Hitam Putih) dan 3X4 (10 Lembar Hitam Putih)

Tambahan bagi lulusan D-II atau D-III semua jurusan
1. Fotocopy Ijazah D-II atau D-III semua jurusan
2. Fotocopy Transkrip nilai D-II atau D-III semua jurusan
3. Fotocopy sertifikat akreditasi min 'B' kampus dari Ban-PT

Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi Lanal Maupun Lantamal terdekat dikota kamu.

Bila proses seleksi menjadi prajurit TNI Angkatan Laut nanti berlangsung, Anda tidak akan dipungut biaya apapun. Dimulai dari pendaftaran, pelaksanaan seleksi sampai dengan pendidikan.

Siapkan diri anda sebaik-baiknya, percayalah pada kemampuan sendiri dan yakinlah bahwa yang akan menjadi lulus adalah anda sendiri bukan orang lain.

Nah itu saja persyaratan yang kamu harus siapkan. bagaimana sobat, sudah melengkapi persyaratan nya sebelum mengikuti tes TNI Angakatan Laut? (Sbp)

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak dan benar sesuai dengan topik artikel yang dibahas!

Previous Post Next Post
close