Abaikan Nota Protes Indonesia, Vanuatu Malah 'Tantang' Indonesia

KORANMILITER - Vanuatu adalah sebuah negara di kepulauan kecil yang terletak di Samudra Pasifik bagian selatan, penduduknya tidak lebih dari 300 ribu jiwa.


Lewat Menteri Luar Negerinya, Rapl Regenvanu. Negara kecil ini menantang Pemerintah Indonesia karena mengabaikan kritikan indonesia.

Meskipun Sebelumnya, Duta Besar Indonesia untuk PBB mengecam keras langkah Vanuatu yang secara sengaja memperdaya KTHAM dengan melakukan langkah manipulatif membiarkan ketua ULMWP Benny Wenda menyusup di delegasi Vanuatu.

Pernyataan tegas Menlu Ralp Regenvanu yang menyatakan bahwa negara Vanuatu tidak akan mundur untuk mendukung kemerdekaan Papua Barat dari bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Menurut Regenvanu, pemerintahnya selalu memberikan dukungan kepada Papua Barat untuk menuntut penentuan nasib sendiri.

Vanuatu menegaskan kembali komitmen itu dengan menjadi tuan rumah pertemuan untuk merayakan pendirian ULMWP beberapa tahun lalu. Vanuatu memberikan lahan untuk kantor ULMWP

Menteri Regenvanu mengatakan Vanuatu akan membantu rakyat Papua Barat dalam memperjuangkan dekolonialisasi.

Atas bantuan negara Vanuatu, Benny Wenda dalam pertemuan delegasi Vanuatu dengan KTHAM menyerahkan dokumen berisi 1,8 juta tandatangan menuntut KTHAM menyelidiki kasus pelanggaran HAM di Papua dan menuntut referendum diadakan. (Sbp)

Post a Comment

0 Comments