Danjen Kopassus Lantik Sebanyak 177 Prajurit Kopassus Angkatan 102

KORANMILITER - Komandan Jenderal Kopassus (Danjen Kopassus) Mayjen TNI Eko Margiyono memasangkan baret merah serta menyematkan brevet Komando kepada prajurit TNI AD yang telah selesai melaksanakan pendidikan komando angkatan 102. 

Acara penutupan pendidikan komando angkatan 102 ini berlangsung di Asrama Amirul Isnaini Daun Lumbung, Kelurahan Sidakaya, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa-Tengah, sabtu (29/9/18).


Acara penutupan pendidikan komando 102 ini turut dihadiri Pangdam Jaya Mayjen TNI Joni Supriyanto, Komandan Korem 071/Wijayakusuma Kolonel Kav Dani Wardhana, di dampingi Ketua Koorcab Rem 071 Anita Dani Wardhana, Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Yudi Purwanto di dampingi Ketua Persit KCK Cabang XVIII Ita Yudi Purwanto, para pejabat teras jajaran Kopassus serta kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto.

Sebanyak 177 prajurit TNI AD dinyatakan lulus lada pendidikan Komando Angkatan 102 ini setelah melaksanakan pendidikan selama 7 bulan. Pendidikan komando diakhiri dengan kegiatan serangan fajar atau demo seruko oleh prajurit Kopassus di Pantai Permisan Nusakambangan Cilacap kemudian dilanjutkan dengan pengarahan langsung oleh Danjen Kopassus.



Sebelumnya, seluruh siswa yang akan dilantik mendayung perahu dari titik start Candi Nusakambangan, menuju Daun Lumbung untuk melaksanakan wisuda pelantikan Komando yang digelar di lapangan Asrama Amirul Isnaini Daun Lumbung tempat perwakilan Pusdiklat Kopassus di Cilacap. Isak tangis haru para keluarga prajurit Kopassus turut mewarnai proses pelantikan prajurit baret merah tersebut

Dalam arahannya, danjen Kopassus mengatakan, untuk menjadi prajurit Kopassus tidaklah mudah, karena sangat berat latihan yang harus dijalani oleh setiap siswa Komando. 

Ciri khas Kopassus dalam pembentukkan prajurit Kopassus yang sampai saat ini dipertahankan yaitu kebersamaan dengan melepas pangkat dan jabatan.

Kebersamaan inilah yang melahirkan jiwa korsa yang tinggi yang pada akhirnya menjadi modal utama dalam melaksanakan tugas sebagai abdi negara,” ungkap Danjen Kopassus Mayjen TNI Eko Margiyono.

Harapan danjen kopassus kepada seluruh prajurit Komando angkatan 102 yang baru saja selesai dilantik, agar menunjukkan karya nyata untuk berbuat yang terbaik bagi kepentingan bangsa dan negara yang diawali dengan pengabdiannya di satuan baret merah. (Sbp)

Post a Comment

0 Comments