Marinir TNI AL Dan Amerika Laksanakan Upacara Peringatan HUT RI-74 Di Hutan Selogiri

Koranmiliter - Bersama Marinir Amerika Serikat (USMC), Prajurit Korps Marinir TNI AL yang tergabung dalam Latihan Bersama Platoon Exchange (Platex) 2019 melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74 di hutan Selogiri Kalipuro, Banyuwangi, Jawa Timur. Sabtu (17/08/2019).


Komandan Satgas Latma Platex 2019 Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo bertindak selaku inspektur upacara, dengan Komandan Upacara Lettu Mar Presly yang menjabat sebagai Komandan Kompi Latma Platex 2019.

Dalam upacara peringatan HUT RI ke 74 di hutan selogiri, inspektur upacara membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. Dalam amanatnya Kasal mengatakan, tahun 2019 pemerintah telah menetapkan tema peringatan hari ulang tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia yaitu “SDM Unggul, Indonesia Maju”.

Tema tersebut menjadi fondasi dasar dan pemacu semangat Indonesia ke depan, khususnya bagi prajurit pejuang matra laut yang merupakan salah satu komponen utama pertahanan negara di laut sebagaimana digariskan dalam UUD RI tahun 1945.

Lanjutnya, Pembangunan fisik kekuatan TNI Aangkatan Laut seperti kapal perang, pesawat udara, pangkalan dan Marinir hanya membutuhkan waktu beberapa tahun saja, tetapi untuk membangun SDM yang unggul dibutuhkan waktu yang lebih panjang. Dengan demikian, perhatian terhadap pembangunan SDM TNI AL perlu terus ditingkatkan ke depan sehingga mampu menciptakan prajurit profesional yang kompeten dan bermoral.

Melalui momentum peringatan kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini, saya mengajak kepada seluruh prajurit TNI AL untuk bersama-sama memacu diri dan berani berkompetisi agar kita mampu sejajar dan bersaing dengan kekuatan angkatan laut negara kawasan,” tegas Kasal dalam amanatnya.

Disampaikan juga oleh Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. bahwa keterbatasan anggaran bukanlah kendala yang menjadi alasan untuk tidak berbuat yang terbaik. Dengan apa yang telah diberikan kepada TNI AL, agar dikelola dengan sebaik-baiknya untuk dapat memberikan hasil nyata dan manfaat bagi masyarakat, terutama dalam menciptakan laut yang aman, tertib dan dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat Indonesia.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Perwira Interpreter Mayor Marinir Anton Waris Kuncoro, Pasiops Yonif 3 Mar Mayor Marinir Iskandar Muda Tanjung, Kapten USMC Alfarado, Lettu USMC Clark dan seluruh Perwira yang tergabung dalam Latma Platex 2019. (Psr)

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak dan benar sesuai dengan topik artikel yang dibahas!

Previous Post Next Post
close